MITIGASI BENCANA BANJIR UNTUK MENGURANGI DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN DAN KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT

  • Indra Khaidir akultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta
Keywords: Banjir, Mitigasi, Dampak, Lingkungan, Sosial Masyarakat

Abstract

Banjir adalah suatu bencana alam yang datang di saat musim hujan tiba. Intensitas air yang tinggi saat musim hujan datang mengakibatkan dampak banjir yang sangat dirasakan bagi korban banjir, mulai dari terganggunya aktivitas masyarakat, lalu lintas menjadi padat dan macet, terserang penyakit, serta banyak masyarakat yang harus mengungsi karena rumahnya terendam banjir. Salah satu penyebab banjir karena semakin tinggi tingkat perubahan tata guna lahan dari sawah ke permukiman, pelebaran jalan , betonisasi pada jalan-jalan komplek permukiman yang mana hal ini menyebabkan berkurangnya daerah resapan sehingga aliran permukaan (run off) menjadi semakin besar, disamping itu banyaknya sampah dan lumpur menyebabkan penyumbatan aliran air pada saluran drainase. Kondisi inilah yang menyebabkan genangan air jika tingginya intensitas curah hujan karena debit limpasan yang  ada sudah tidak tertampung lagi oleh kapasitas saluran.  Masyarakat adalah yang pertama merasakan dampak yang diakibatkan oleh banjir ini. Selain itu masyarakat jugalah yang bertanggumg jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya, masyarakat sering tidak memperhatikan lingkungan sekitar dan bahkan merusak lingkungan yang ada. Pada gagasan tertulis ini penulis akan menjelaskan betapa pentingnya menjaga lingkungan dan dampak yang diakibatkan oleh banjir tersebut.

References

Audia, Septia Vivi (2015). Bathupfel System (BUS) Sebagai Alternatif Penanggulangan Banjir di kawasan rumah padat Penduduk.
URL: file:///C:/Users/CPS/Downloads/Documents/VIVI-SEPTIA-AUDIA.pdf.
Maulana, Rusdian Dedi (2014). Permasalahan Drainase Perkotaan.
URL:http://dhenpharkers.blogspot.co.id/2014/08/permasalahan-drainase perkotaannama.html.
Templates, Eyo (2016). Hal-hal / faktor-faktor alasan penyebab banjir yang menyebabkan terjadinya bencana. URL:http://www.organisasi.org/ 1970/01/ hal-hal-faktor-faktor-alasan-penyebabbanjir-yang-menyebabkan-terjadinya-bencana.html.
Published
2019-11-24
How to Cite
Indra Khaidir. (2019). MITIGASI BENCANA BANJIR UNTUK MENGURANGI DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN DAN KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT. JURNAL REKAYASA, 8(2), 154-160. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v8i2.29