PENINJAUAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK PEKERJAAN PONDASI CONDOTEL MULTIFUNGSI ASTON PADANG

  • Embun Sari Ayu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta
Keywords: SMK3, Proyek Konstruksi, Penerapan, Perbandingan

Abstract

Tingkat resiko dan angka kecelakaan kerja di Kota Padang yang tinggi, terutama di bidang pelaksanaan proyek konstruksi menjadi salah satu permasalahan yang wajib diperhatikan oleh kalangan pemerintah maupun masyarakat pelaku jasa konstuksi itu sendiri. Kondisi ini tidak terlepas dari masalah penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Penelitian/peninjauan ini dilakukan untuk mengungkap kinerja penerapan SMK3 dan mengkaji perbandingannya dengan penerapan SMK3 pada Thai Nippon Steel Engineering & Construction Corp., Ltd. Data diperoleh melalui survey langsung ke lapangan selama empat hari pada proyek Pekerjaan Pondasi Condotel Multifungsi Aston Padang dengan kontraktor PT. Berdikari Pondasi Perkasa. Hasil peninjauan ini menunjukan bahwa Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada pekerjaan proyek tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya, baik dari kebijakannya, organisasi, perencanaan dan pengaplikasian, pengukuran kinerja, peninjauan ulang, maupun evaluasinya. Jauh sekali perbandingannya dengan penerapan SMK3 yang ada pada Thai Nippon Steel Engineering & Construction Corp., Ltd. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini sudah wajib menjadi perhatian masyarakat jasa konstruksi dan pemerintah untuk melakukan pembenahan lebih detail serta ketegasan dalam menindaklankjuti pelanggaran mengenai penerapan SMK3 pada suatu pekerjaan konstruksi.

References

Alli BO. Fundamental Principles of Occupational Health and Safety. First
Published. International Labor Office, Geneva. 2001.
Bluff, L. Systematic Management of Occupational Health and Safety. Working
Paper 20. The Conference Australian OHS Regulation for the 21st Century. National Research Centre for Occupational Health and Safety Regulation and National Occupational Health and Safety Commission, Canberra. 2003.
Ch. 57 Audits, Inspections and Investigations. Encyclopedia of Occupational
Health and Safety Vol. II. Fourth Edition. International Labor Office, Geneva. 1998.
Kelompok I K3. 2011. Hasil Peninjauan Lapangan Sistem Manajemen
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Proyek Lanjutan Pembangunan Labor Mikro Teaching UNP. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Bung Hatta. Padang.
Ramli, Soehatman. 2010. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.
Ridley, John dan Lemeda Simarmata (Ed). 2008. Ikhtisar Kesehatan dan Keselamatan Kerja, diterjemahkan oleh Soni Astranto. Jakarta: Erlangga.
Santoso, Gempur. 2004. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Siswati, M. Summary of the Workshop on Asean Occupational Safety and Health Management System (OSH-MS). Majalah Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Pusat Pengembangan Keselamatan Kerja dan Hiperkes Balitbanginfo Depnakertrans RI, Jakarta. 2003;XXXVI(2)April - Juni.
Suokas J. The Role of Safety Analysis in Accident Prevention. Acc. Anal. Prev., 1988; 20(1): 67 - 85.
Thai Nippon Steel Engineering & Construction Corp., Ltd. 2007. Occuptional Safety and Health Management in Construction : Final Project 2007. Thailand.
Published
2019-11-25
How to Cite
Embun Sari Ayu. (2019). PENINJAUAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK PEKERJAAN PONDASI CONDOTEL MULTIFUNGSI ASTON PADANG. JURNAL REKAYASA, 8(2), 179-186. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v8i2.31