PERSEPSI MAHASISWA ARSITEKTUR TINGKAT SATU TERHADAP PROSPEK DAN MASA DEPAN PROFESI ARSITEK

  • Ika Mutia Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta
  • Elfida Agus Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta
Keywords: persepsi, mahasiswa arsitektur, prospek

Abstract

Masih rendahnya lulusan sekolah arsitektur yang berprofesi sebagai arsitek (desainer atau perancang), telah memunculkan banyak pertanyaan baik di kalangan akademisi maupun masyarakat. Salah satu asumsi yang muncul di kalangan masyarakat adalah adanya anggapan yang mengatakan bahwa pendidikan merancang di sekolah arsitektur saat ini belum mampu menjawab tantangan profesi arsitektur di lapangan. Salah satu penyebab yang diduga adalah tidak samanya persepsi atau ekspetasi mahasiswa ketika menempuh pendidikan dengan ketersediaan lapangan pekerjaan, sedangkan dugaan lain adalah bahwa pendidikan di bangku kuliah tidak memberikan peluang bagi mahasiswa untuk membentuk kemampuan merancang yang mumpuni. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif diharapkan gambaran tentang persepsi mahasiswa arsitektur tingkat satu terhadap prospek dan masa depan profesi arsitek dapat ditemukan dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan capaian pembelajaran.

References

Choi, Han Hee. 2016.The Potensial of Reasoning Method As A Teaching Strategy Supporting Student’ Creative Thinking in Architectural Design, Archnet Ar.
Gaspersz, Vincent. 1997. Manajemen Bisnis Total dalam Era Globalisasi. Jakarta: Penerbit PT.Gramedia,
Handayani U.N, Dewi, Seolistijadi, dan Sunardi. (2005). Pemanfaatan Analisis Spasial untuk Pengolahan Data Sistem Informasi Geografi. Jurnal Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank Semarang.
Kotler, Phillip. 1995. Marketing Management Analysis, Planning, Implementation& Control. Prentice Hall Int,
Li Junhuan and Bao Hongyuan, 2012, Thoughts on Vernacular Architecture Research and Contemporary Regional Architectural Creation Applied Mechanics and Materials Vols. 174177.
Lu yuanding, 2008. Year Book of Chinese Vernacular Dwelling. Beijing. China Building Industry Press
Mar’at. (2008). Sikap Manusia, Perubahan, Serta Pengukuran. Ghalia Indonesia : Jakarta.
Muchtar, T.W.2007. Studi Komparatif Persepsi dan Minat Siswa SMP tentang SMK. Skripsi sarjana pada Jurusan Pendidikan Teknik Sipil FPTK UPI. Bandung : tidak diterbitkan

McCarter,2015. Robert. Kahn at Penn; Transformative Teacher of Architecture. Journal of Architetural Education. Routledge, Taylor and Francis Group.
Moh. Surya. 1997. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung. PPB - IKIP Bandung.
Prijotomo, 2004. Arsitektur Nusantara Menuju Keniscayaan (disunting oleh Johannes Adiyanto). Wastu Lanas Grafika. Surabaya.
Ritonga, Jamiluddin, Riset Kehumasan, PT.Grasindo, 2005
Schacter, Daniel (2011). Psychology. Worth Publisers.
Sarlito Wirawan Sarwono. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Umi Amalia. 2003. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Teknik Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Keberhasilan Belajarnya Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FPTK UPI. Bandung : tidak diterbitkan
Published
2019-11-24
How to Cite
Ika Mutia, & Elfida Agus. (2019). PERSEPSI MAHASISWA ARSITEKTUR TINGKAT SATU TERHADAP PROSPEK DAN MASA DEPAN PROFESI ARSITEK . JURNAL REKAYASA, 8(1), 87-100. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v8i1.25