ANALISIS POTENSI PERMINTAAN (DEMAND) TRANS SIGINJAI RUTE TELANAI PURA - SENGETI

  • Muhammad Padri Program Studi Teknik Sipil, Universitas Jambi
  • Ade Nurdin Program Studi Teknik Sipil, Universitas Jambi, Jambi.
  • Dyah Kumalasari Program Studi Teknik Sipil, Universitas Jambi, Jambi.
Keywords: Pemilihan Moda, Trans Siginjai, Stated Preference, Potensi permintaan

Abstract

Kota Jambi merupakan ibu kota dari Provinsi Jambi menjadi tempat pusat pemerintahan, pendidikan, bisnis dan perdagangan. Sebagai pusat kota tentu akan terus mengalami perkembangan. Mobilitas masyarakat tentu meningkat dan menyebabkan pergerakan, serta jumlah penduduk terus meningkat tinggi. Dampak pada peningkatan pergerakan ekonomi masyarakat dan sosial budaya serta aktivitas perpindahan masyarakat dengan kendaraan transportasi pada lalu lintas jalan. Pengoperasian moda transportasi bus trans siginjai dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat menjangkau tempat - tempat pada kawasan perkotaan maupun wilayah penyangga kota jambi. tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui karakteristik pelaku perjalanan dan pemilihan moda untuk mengetahui probabilitas/Potensi permintaan (Demand) trans siginjai dengan menggunakan atribut biaya, waktu tempuh, waktu tunggu, frekuensi keberangakatan dan tingkat kenyamanan dengan metode stated preference menggunakan 4 skenario. Berdasarkan  hasil penelitian bahwa probabilitas/potensi (Demand) trans siginjai pada skenario 1 yaitu 79,7 % sedangkan mobil pribadi yaitu 20,3 %. Pada skenario 2 trans siginjai yaitu 70,4 % sedangkan mobil pribadi yaitu 29,6 %. Pada skenario 3 trans siginjai yaitu 72,3 % sedangkan mobil pribadi yaitu  27,7 %. Pada skenario 4 trans siginjai yaitu 67,2 % sedangkan mobil pribadi yaitu 32,8 %. Dari semua atribut skenario moda transportasi probabilitas/potensi trans siginjai lebih besar dari pada mobil pribadi dan juga dari 4 skenario menunjukkan persentase skenario 1 lebih besar dari skenario lainnya.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi. 2021. Provinsi Jambi Dalam Angka 2021: Jambi: BPS Provinsi Jambi

Ben - Akiva and Lerman, 1985. Discrete Choice Analysis By John Wiley and Sons, Ltd. Bm Yohanes Dedy H & Venpri Sagara, 2008. Efektivitas Kebijakan Berdasarkan Permintaan Transportasi Antarkota Dengan Menggunakan Teknik Pilihan Pernyataan (Stated Preference Technique). Tugas Akhir Universitas Diponegoro, Semarang.

Walpole (1995), “Besar Sempel dan Teknik Sampling

Ortuzar, J.D and Willumsen, L.G. 2011. Modelling Transport, Fourth Edition, Jonh Wiley & Sons, hal. 269-329.

Putra, Agung Nugroho. 2015. “Stated Preference Kebutuhan Angkutan Pariwisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Tesis. Program Studi Magister Teknik Sipil Program Pasca Sarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Permain, D. and Swanson, J. 1991. Stated Preference Techniques : A Guide to Practice, Steer Davies Gleave and Haque Consulting Group, London.

Tamin, O.Z, 1990, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB, Bandung

Uprayitno, H. & Ryansyah, M. (2018). “Karakteristik Pelaku dan Perilaku Perjalanan Penumpang Bus Trans Koetaradja”. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil. Volume 16, Nomor 2, 55-62

Titi Kurniati, 2000, Analisis Tingkat Kebutuhan Taksi Kota Bandung dengan Teknik Stated Preference, Tesis Magister Program Studi Teknik Sipil Bidang Rekayasa Transportasi, Bandung : ITB

Upa, V. A. (2017). Perhitungan Jumlah Permintaan Potensial Bus Rapid Transit (BRT) Mamminasata Koridor 1 dengan menggunakan Special Conventional Transport Model. Tesis Magister. Jurusan Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya

Published
2022-08-25
How to Cite
Muhammad Padri, Ade Nurdin, & Dyah Kumalasari. (2022). ANALISIS POTENSI PERMINTAAN (DEMAND) TRANS SIGINJAI RUTE TELANAI PURA - SENGETI. JURNAL REKAYASA, 12(1), 79 - 94. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v12i1.123