IMPLEMENTASI METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) DALAM PENGENDALIAN PROYEK KONSTRUKS

  • Indra Khaidir Program Studi Teknik Sipil, Universitas Bung Hatta
  • Embun Sari Ayu Program Studi Teknik Sipil, Universitas Bung Hatta
  • Mutiara Dwi Putri Andriani Program Studi Teknik Sipil, Universitas Bung Hatta
Keywords: Konstruksi, Metode Diagram Preseden (PDM), Pengendalian Proyek

Abstract

Beberapa permasalahan yang menyebabkan tidak efisiennya pelaksanaan proyek seperti cuaca, harga material yang tinggi, pemberian izin yang memakan waktu oleh pemerintah serta lingkungan sekitar merupakan kelemahan kontraktor yang disebabkan karena dalam merencanakan penjadwalan maupun evaluasi dalam menggunakan teknologi sebagai pengelolaan konstruksi di lapangan. Para kontraktor pun dituntut untuk mengubah metode dalam pelaksanaan konstruksi dikarenakan pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sehingga sumber daya manusia diharapkan dapat meningkat agar dalam suatu proyek konstruksi mendapatkan hasil yang efisien baik dari segi waktu, mutu maupun biaya. Proyek Pembangunan RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi, Gedung Rawat Inap sebagai studi kasus pada penelitian ini dengan menggunakan metode penjadwalan proyek yaitu PDM (Precedence Diagram Method) sebagai penjadwalan dan pengendalian mutu. Fokus persoalan pada metode ini ada pada pembiayaan dan waktu dalam penyelesaian proyek dengan menekankan hubungan antara pemakaian beberapa tenaga kerja agar waktu dan biaya yang digunakan lebih efisien karena penambahan tenaga kerja. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengambilan tenaga kerja dengan durasi waktu yang ditentukan menghasilkan waktu yang lebih efisien 160 hari dari durasi waktu awal yaitu 209 hari, begitu juga dengan pembiayaan yang lebih efisien dibandingkan dengan menambahkan jam kerja pada pekerja.

References

Afrianto, I., Suryana, T., & Sufa'Atin. (2016) Pengukuran dan Evaluasi Keamanan Informasi

Menggunakan Indeks KAMI-SNI ISO/IEC 27001:2009 Studi Kasus Perguruan Tinggi

X. ULTIMA InfoSys, Vol. VI, No. 1, 43-49.

Biemo, S. W., Muhamad, A., Reini, W. D., & Nuruddin, P.(2006) Konsep Earned Value untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi. Bandung: Makalah Hasil Riset ITB.

Hutagaol, J. D. dkk (2013) Perbandingan Metode Critical Path Method (Cpm), Precedence Diagram Method (Pdm), Dan Line Of Balance (Lob) Terhadap Proyek Repetitif. JURNAL KARYA TEKNIK SIPIL Volume 2, Nomor 1, 1-23.

Ikhtisholiyah.(2017) Analisis Penerapan Manajemen Waktu dan Biaya pada Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Teknik Listrik Industri Politeknik Negeri Madura (POLTERA). Zeta - Math Journal, 3(1), 14-21.

Jaya, K. A., dkk (2017) Perencanaan Ulang dan Pengendalian Produk Heat Exchanger Menggunakan Metode Critical Path Method dan Penunjang Microsoft Project Di PT. Marvin Mas Teknik. Jurnal Teknik Industri Untirta Vol. 5 NO. 2, 161-168.

Khaidir, I. (2018) Faktor Penyebab Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Di Sumatera Barat. Jurnal Rekayasa Vol. 8, No. 01, 32-49.

Published
2022-12-30
How to Cite
Indra Khaidir, Embun Sari Ayu, & Mutiara Dwi Putri Andriani. (2022). IMPLEMENTASI METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) DALAM PENGENDALIAN PROYEK KONSTRUKS. JURNAL REKAYASA, 12(2), 175 - 182. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v12i2.136