PENGARUH KEMAMPUAN PENGUASAAN KOMPUTER TERHADAP EKSPLORASI DISAIN MAHASISWA Studi Kasus: Peserta Studio Akhir Arsitektur Universitas Bung Hatta
Abstract
Penguasaan alat menggambar bagi mahasiswa arsitektur sepertinya sudah menjadi sebuah keharusan, dengan asumsi bahwa penguasaan tersebut akan mempermudah dan memperlancar eksplorasi disain dalam proses pembelajaran. Namun di sisi lain diprediksi bahwa kemampuan penguasaan komputer tidak banyak membantu mahasiswa dalam mengeksplorasi disain. Hal itu disebabkan karena penguasaan teknis perangkat lunak yang tidak memadai. Penelitian ini menelusuri sejauh mana kemampuan penguasaan perangkat lunak membantu mahasiswa dapat mengeksplorasi disain dan meningkatkan kualitas disain mahasiswa. Dengan metode deskriptif kuantitatif melalui penjaringan informasi dari peserta Studio Akhir Arsitektur, diharapkan akan di dapat sejauh mana penguasaan perangkat lunak membantu mahasiswa dalam proses disain.
References
Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. 1989. User acceptance of computer technology: A comparison of two theoretical models. Management Science, 35(8), 982–1003.
Jamieson, Claire 2009 . The Future for Architect, RIBA, London .
KBBI, 2016 . Kamus Besar Bahasa Indonesia, http://kbbi.web.id/ akses January 2017
Narayan, K. Lalit 2008. Computer Aided Design and Manufacturing, New Delhi: Prentice Hall of India.
Nunnally, J., 1967. Psycometric Theory, McGraw Hill, New York.
Park, Sun Youl (2009) : An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University
Students’ Behavioral Intention to Use e-Learning, Seoul, South Korea.
Salama, Ashraf (2015) : Spatial Design Education, New Directions for Pedagogy in Architecture and
Beyond, Department of Architecture, University of Strathclyde, Glasgow, United Kingdom.
Szalapaj, Peter (2005) : Contemporary Architecture and the Digital Design Process. Architectural Press.
Copyright (c) 2019 JURNAL REKAYASA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.