STUDI WAKTU TEMPUH MENDAHULUI IRING-IRINGAN KENDARAAN TRUK BATU BARA

  • Ade Nurdin Teknik Sipil, Universitas Jambi
  • Dyah Kumalasari Teknik Sipil, Universitas Jambi
  • Najuan Isham Teknik Sipil, Universitas Jambi
Keywords: Headway and Spacing; Iringan Kendaraan; Jarak Pandang Mendahului;

Abstract

Kendaraan pengangkut batu bara adalah salah satu penyebab kemacetan di jalan Ma Tembesi-Ma Bulian. Kemacetan terjadi akibat pergerakan kendaraan truk pengangkut batu bara yang berjumlah ratusan, dengan bergerak di jalan Ma Tembesi – Ma Bulian selalu  beriring-iringan yang mengakibatkan kendaraan lain sulit untuk mendahuluinya. Dengan adanya iring-iringan kendaraan batu-bara waktu tempuh kendaraan lain untuk mendahului menjadi Panjang sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Studi analisis waktu tempuh mendahului iring-iringan kendaraan truk batu bara ini bertujuan untuk mengetahui Headway and spacing iring-iringan kendaraan batu bara serta mengetahui jarak pandang kendaraan lain mendahului iring-iringan kendaraan batu bara. Metoda penelitian ini menggunakan metoda deskriptif dengan mensurvey iring-iringan kendaraan batu bara.  Dari hasil analisis untuk dua iring-iringan kendaraan batu bara Headway sebesar sebesar 2,17 detik dan spacing sebesar 29,17 m, 3 iringan headway sebesar 2,31 dan spacing sebesar 21,69 m, dan 5 iringan headway sebesar 2,65 dan spacing sebesar 23,60 m.  Jarak pandang mendahului dua iring-iringan kendaraan batu bara sebesar 616.83 m, jarak pandang mendahului tiga iring-iringan kendaraan batu bara sebesar 718.41 m dan jarak pandang mendahului lima iring-iringan kendaraan batu bara sebesar 1161,57 m. semangkin banyak jumlah iring-iringan kendaraan batu bara mempengaruhi waktu tempuh kendaraan lain sampai tujuan.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.

Hilma Firdaus (2020). Studi Pengaruh Dimensi Kendaraan Terhadap Karakteristik Irngan Kendaraan Di Jalan Arteri Primer. Universitas Andalas, Padang.

Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, 2018, Permen PUPR

No.05/PRT/M/2018, Tentang Penetapan Kelas Jalan Berdasarkan Fungsi Dan Intensitas Lalu Lintas Serta Daya Dukung Menerima Muatan Sumbu Terberat Dan Dimensi Kendaraan Bermotor.

Khisty, C. J and Lall, B.K ,2005, Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi, Edisi Ke-

Jilid 1”, Penerbit Erlangga, Jakarta

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Bina Jalan Kota. Jakarta.

Mathew, J., Thomas, H., Sharma, A., Devi, L., & Rilett, L. 2013. Studying Platoon Dispersion Characteristics Under Heterogeneous Traffic In India. Procedia: Social and Behavioural Sciences, 104, 422-429

Morlok, K. E. (1988). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta:

Erlangga.

Pemerintah Indonesia, 2006, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor

Tahun 2006 Tentang Jalan, Jakarta.

Siti Nur Azian (2021). Studi Karakteristik Platoon Untuk Beberapa Variasi Jarak Antar Kendaraan. Universitas Andalas, Padang.

Sri Ramayanti, (2020). Studi Kecepatan Kendaraan Dalam Platoon. Tesis. 13-14. Diakses 20 Juni 2022, dari Universitas Andalas, Padang.

Published
2023-06-30
How to Cite
Nurdin, A., Kumalasari, D., & Isham, N. (2023). STUDI WAKTU TEMPUH MENDAHULUI IRING-IRINGAN KENDARAAN TRUK BATU BARA. JURNAL REKAYASA, 13(1), 87 - 94. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v13i1.177