PENGEMBANGAN MODEL PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK PADA INDUSTRI KONSTRUKSI PERUMAHAN SEDERHANA

  • Putranesia Universitas Bung Hatta
  • Taufika Ophiyandri Jurusan Teknik Sipil Universitas Andalas
  • Yervi Hesna Jurusan Teknik Sipil Universitas Andalas
Keywords: Perumahan Sederhana, Pengukuran Kinerja, SCOR

Abstract

Kebutuhan akan tempat tinggal masyarakat yang semakin tinggi, mendorong dilaksanakannya program sejuta rumah oleh pemerintah yang dimulai tahun 2015. Pada tahun 2016 target program sejuta rumah terdiri dari 700.000 unit untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 300.000 unit lainnya untuk non-MBR (Ditjen PUPR,2016). Kondisi ini mendorong munculnya para pengembang baru yang ikut aktif dalam mengembangkan perumahan sederhana. Konsumen sebagai pemilik akhir dari sebuah produk industri perumahan seringkali mendapatkan permasalahan dari para pengembang. Permasalahan yang timbul seperti: (a) kontruksi bangunan yang tidak memenuhi kaidah-kaidah konstruksi yang benar (tidak memenuhi SNI), (b) infrastruktur yang tidak memadai, (c) tenggang waktu penyelesaian bangunan yang tidak sesuai jadwal yang disepakati, (d) pemahaman konsumen yang kurang akan produk perumahan yang berkwalitas membuat rentan untuk di manipulasi pengembang. Dalam penelitian ini akan dilakukan sebuah pengukuran kinerja dengan menggunakan metoda SCOR® versi 11 pada industri konstruksi perumahan sederhana. responsiveness dan efficiency merupakan karakteristik yang dapat menggambarkan kinerja rantai pasok yang bersifat dinamis sehingga mampu menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi pada pasokan dan permintaan. Harmonisasi  antara kinerja dan manajemen rantai pasok diawali dengan menghitung atribut dan metrik kinerja,menentukan bobot metric kinerja dengan pendekatan AHP,menentukan performansi atribut supply chain performance sehingga didapatkan nilai supply chain performance : reliability 0.205, responsiveness 0.107, Agility 0.130, Supply Chain Costs 0.040, dan Supply Chain Asset Management 0.015.

References

Paul, Jhon.,(2014). Panduan Penerapan Transformasi Rantai Suplai Dengan Model SCOR 15 Tahun Aplikasi Praktis Lintas Industri. PPM Manajemen ISBN 979-442-394-7, cetakan ke-1.
Mahgrizal.A.nurwega.,Andi.,Irma.,(2014). Analisis pola dan kinerja Supply Chain pada proyek konstruksi bangunan perumahan. Journal konstruksia volume 5 nomer 2, Agustus 2014.
Suraji,A.,(2012) .Innovasi Pengaturan Rantai Pasok Konstruksi. Buku Konstruksi Indonesia 2012 : p88-p97
Lutfiana, A., Perdana, Y.,(2012). Pengukuran Performansi Supply Chain dengan pendekatan Supply Chain Operation Reference (SCOR) dan Analitical Hierarchy Process (AHP). Jurnal manajemen dan Organisasi 2(3): 57-72
Juarti, Radya. Ery.,(2008). Kajian Pola Rantai Pasok Pengembangan Perumahan, Tesis Magister Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Institut Teknologi Bandung.
Oktaviani, Zukhrina. Cut.,(2008). Kajian Kinerja Supply Chain pada Proyek Konstruksi Bangunan Gedung, Tesis Magister Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Institut Teknologi Bandung.
Yullianti, noorlaelasari.,(2008). Pengembangan Indikator Penilaian Kinerja Supply Chain Pada Proyek Konstruksi Bangunan Gedung. Tesis Magister Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Institut Teknologi Bandung.
Rahayu,Dina.,(2009).”Pengembangan Model Pengukuran Kinerja Sistem Rantai Pasok”,Studi Kasus: Direktorat Aerostructure PT.Dirgantara Indonesia. Tesis Magister Bidang Kekhususan Sistem Industri dan Rantai Pasok, Institut Teknologi Bandung.
Saunders, M.,Lewis,P.,& Tornhill,A. (2003). Research Methods for Bussines Student, Edinburgh Gate, Harlow,Essex CM20 2JE,England, and Associated Companies throughout the world.
Tucker, S.N.,Mohamed,S.,Johnston,D.R.,McFallan,S.L.&Hampson,K.D. (2001). “Building and Construction Industries Supply Chain Project (Domestic)” Report for Department of Industry, Science and Resources, www.industry.gov.au, 27/7/ 2004.
Vrijhoef, Ruben., & Koskela, Lauri. (1999, July 26-28). Roles of Supply Chain Management in Construction. Proceedings IGLC-7, University of California, Berkeley, CA, USA.
Published
2019-11-28
How to Cite
Putranesia, Taufika Ophiyandri, & Yervi Hesna. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK PADA INDUSTRI KONSTRUKSI PERUMAHAN SEDERHANA. JURNAL REKAYASA, 9(1), 48-53. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v9i1.34