IDENTIFIKASI TIPE STRUKTUR BANGUNAN REKLAME DI KOTA YOGYAKARTA

  • Bambang
Keywords: bangunan reklame, konstruksi pemasangan, standar penataan reklame

Abstract

Bangunan Reklame adalah reklame yang terdiri dari bidang reklame berikut komponen struktur yang memikulnya dan segala sesuatu yang terinstalasi pada bangunan tersebut. Pada kenyataan di lapangan masih banyak pemasangan serta penempatannya yang kurang sesuai dengan peraturan pemerintah, dan sering kali mengganggu pengguna jalan yang menimbulkan ketidak-nyamanan.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi bangunan reklame di Yogyakarta, yang meliputi jenis reklame, tipe bangunan struktur , dan titik lokasi reklame yang bertebaran di jalan. Pelaksanaan penelitian dibantu oleh 6 mahasiswa, dibagi untuk 3 segmen jalan. Survey dilakukan pada segmen jalan Monjali, jalan Kaliurang , dan jalan Gejayan, Yogyakarta. Data yang disurvey meliputi koordinat lokasi bangunan reklame, tipe reklame,dimensi papan, dimensi tiang, sambungan konstruksi, dan jenis material bangunan reklame. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif-evaluatif dengan menggambarkan kondisi eksisting reklame terpasang dan menilai apakah kondisi eksisting reklame terpasang telah sesuai dengan kebijakan dan standar penataan reklame. Hasil menunjukkan bahwa penyelenggaraan bangunan reklame belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip dasar penataan reklame terutama terkait penempatan dan konstruksi pemasangan. Hal ini juga terlihat dari tidak adanya keserasian pemasangan reklame dengan elemen fisik koridor jalan (penggunaan lahan, sirkulasi, kondisi bangunan, ruang terbuka dan jalur pedestrian).

References

Anonim, 2015, Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2, Tentang Penyelenggaraan Reklame.
Anonim, 2016, Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 23, Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Reklame.
Anonim, 2014, Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 9 Tentang Penyelenggaraan Reklame.
Charless Hibbeler Russel, 2011, “Mechanics of Material”,PEARSON Prentice Hall, USA
Dharmawan, E.Teori Dan Implementasi Perancangan Kota, 2003
Dicky J.Silitonga, 2009,” Pengaruh Angin Pada Papan Reklame”
Fadely Paddiyatu, 2010, ”Analisa Pembebanan Statik dan Dinamik Papan Reklame”, Laporan KP Jurusan Teknik Mesin Undip, Semarang
Handu Geni, 2010, ” Simulasi Variasi Kecepatan Angin Dengan Kecepatan Angin”, Laporan KP Jurusan Teknik Mesin Undip, Semarang
Zahnd, markus. Perancangan kota secara terpadu, teori perancangan kota dan penerapannya. Yogyakarta. 1999
Published
2019-11-28
How to Cite
Bambang. (2019). IDENTIFIKASI TIPE STRUKTUR BANGUNAN REKLAME DI KOTA YOGYAKARTA. JURNAL REKAYASA, 9(1), 20-30. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v9i1.35