PENGARUH KONDISI MATERIAL DENGAN AKTIVATOR POTASSIUM PADA BETON GEOPOLYMER DARI LIMBAH B3 FLY ASH BATUBARA TERHADAP KUAT TEKAN

  • Denie Chandra Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Firdaus Fakultas Teknik Sipil, Universitas Bina Darma, Palembang
Keywords: Aktivator, Beton geopolymer, Fly ash, Kuat Tekan, Kondisi material.

Abstract

Pada umumnya beton dikenal material yang tersusun dari komposisi utama batuan (aggregat) kasar, pasir, air dan semen. Karena persediaan semen yang semakin berkurang, berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencari material yang ramah lingkungan sebagai pengganti semen. Pada penelitian ini membahas tentang beton geopolymer berbasis abu terbang (fly ash) hasil pembakaran batu bara pada PLTU Bukit Asam Tanjung enim Sumatera Selatan dengan aktivator potassium. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh aktivator pottasium dan kondisi material, terhadap kuat tekan rencana 30 Mpa pada beton geopolymer melalui pengujian di laboratorium Fakultas Teknik Sipil Universitas Bina Darma Palembang dengan membuat 18 benda uji silinder diameter 100 mm x 200 mm, dengan fly ash dan aktivator Pottasium. Pembuatan benda uji dilakukan kondisi material aggregat dalam kondisi Saturated Surface Dry (SSD) dan kering oven pada suhu 60°C dengan waktu 1 jam, dengan perawatan benda silinder dengan suhu ruangan sampai waktu benda uji akan di uji. Produk penelitian yang dilakukan adalah grafik hubungan perilaku material kondisi SSD dan kering oven pada material beton gopolymer dalam menerima beban tekan dengan aktivator Pottasium. Dari grafik tersebut dapat dilihat bahwa, dengan kondisi material kering oven dari fly ash dan aktivator pottasium, lebih kuat dalam menerima beban tekan dengan nilai kuat tekan fc 30 Mpa.

References

Aleem, M.I.A, Arumairaj, P.D, (2012), Optimum Mix for Geopolymer Concrete, Indian Journal Of Science and Technology, Volume 5, Number 3Davidovits,J (1988) “ Soft Mineralurgy and Geopolymer “ in Procceding of geopolymer 88 International Conference, the Universite de technologie, Compiegne, France.

Firdaus dan Yunus Ishak,(2015) Pemanfatan limbah flyash dalam rekayasa mortar dan beton geopolimer berdasarkan kehalusan flyash dan jenis activator.

Published
2020-09-01
How to Cite
Chandra, D., & Firdaus. (2020). PENGARUH KONDISI MATERIAL DENGAN AKTIVATOR POTASSIUM PADA BETON GEOPOLYMER DARI LIMBAH B3 FLY ASH BATUBARA TERHADAP KUAT TEKAN. JURNAL REKAYASA, 9(2), 73-90. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v9i2.41