ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN TANJUNG WANGI KABUPATEN BANYUWANGI

  • Rizka Septy Amaliyah Universitas Jember
  • Akhmad Hasanuddin Universitas Jember
  • Willy Kriswardhana University of Jember
Keywords: BOR, Kinerja, Peningkatan

Abstract

Peningkatan jumlah kunjungan kapal di setiap tahunnya harus diimbangi dengan kinerja pelayanan yang baik. Kinerja pelayanan dari suatu pelabuhan dapat diukur dari sedikitnya waiting time, cepatnya waktu pelayanan  pemanduan dan seefektif kapal berada pada dermaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai kinerja pelayanan Pelabuhan Tanjung Wangi berdasarkan indikator waiting time, approach time, effectife time berbanding berth time yang dibandingkan dengan standar kinerja operasional pelabuhan dan untuk mencegah peningkatan jumlah kunjungan kapal pada tahun yang akan datang perlu dilakukan proyeksi nilai Berth Occupancy Ratio (BOR) jangka panjang menggunakan regresi linier dan memproyeksikan panjang dermaga rencana. Berdasarkan hasil penelitian, pelabuhan tanjung wangi memiliki kinerja yang masih memenuhi nilai standar operasional pelabuhan yaitu (effektif time : berth time) sebesar 60,39% dan nilai maksimum BOR pada tahun 2030 ialah 87,31% dengan panjang dermaga rencana pada tahun 2030 sepanjang 380 meter.

References

Khusyairi, A., Hisyam, E. S., Teknik, J., Fakultas, S., Universitas, T., Belitung, B., Teknik, J., Fakultas, S., Universitas, T., & Belitung, B. (2016). Analisis kinerja pelayanan operasional peti kemas di pelabuhan pangkalbalam kota pangkalpinang. 4, 74–86.

Manik, Trimaijon, & Fatnanta.F. (2015). Analisis Kelayakan Panjang Dermaga Curah Cair Berdasarkan Data Kunjungan Kapal di Pelabuhan Dumai. Jom FTEKNIK, 3.

Munah, D. H., Suteja, i wayan, & Warka, i gede putu. (2018). Analisis pengukuran kinerja pelabuhan laut lembar berdasarkan kriteria kinerja pelabuhan 1). Journal UNMASMATARAM, 12(1), 1–10.

Sagisolo, Sendow.T.K, Londong.J, & Manoppo.M.R.E. (2014). Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Sorong. Jurnal Sipil Statik, 2(1), 47–54.

Siahaan, W. J. (2015). Terhadap Produktivitas Dermaga Petikemas Pelabuhan Makassar the Quality of Ship Services and Loading / Unloading Time Due To Container Harbor Productivity on Port of Makassar. 369–380.

Sinaga, B. P., & Daud, J. (2013). Kajian Berth Occupation Ratio Di Dermaga Pelabuhan Penyeberangan Sibolga Kaitannya Dengan Perkembangan Pelabuhan Boyma P Sinaga 1 , Jeluddin Daud 2 1. 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.amepre.2003.10.003

Triatmodjo, B. (2009). PERENCANAAN PELABUHAN.

Widyarti, D. A., Rinaldi, & Fatnanta, F. (2017). ANALISIS BERTH OCCUPANCY Analisis Berth Occupancy Ratio (Bor) Untuk Memenuhi Standatr Ultilitas Dirjen Perhubungan Laut Pada Dermaga B Curah Cair Pelabuhan Dumai. Jom FTEKNIK, 4(2).

Published
2020-11-25
How to Cite
Amaliyah, R. S., Hasanuddin, A., & Kriswardhana, W. (2020). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN TANJUNG WANGI KABUPATEN BANYUWANGI. JURNAL REKAYASA, 10(1), 45 - 55. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v10i1.45