ANALISA BIAYA PERKERASAN ASPAL DENGAN SUBSTITUSI PLASTIK

  • Embun Sari Ayu Universitas Bung Hatta
  • Yulcherlina Universitas Bung Hatta
Keywords: Aspal plastik, Jambeck, Kadar Aspal Optimum (KAO), karakteristik Marshall, low density polyethylene

Abstract

Cina dan Indonesia adalah sumber utama botol plastik, tas dan sampah lain yang menyumbat jalur laut global (McCarthy, 2018). Untuk itu perlu dilakukan upaya guna mengurangi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengolah kembali limbah tersebut menjadi sesuatu yang berguna, salah satunya sebagai bahan pengganti agregat penyusun perkerasan jalan sehingga dalam perencanaan biaya perkerasan jalan akan berkurang. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dimana penggunaan limbah plastik akan digunakan sebagai bahan pengganti campuran pada aspal. Limbah plastik yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis low density polyethylene (LDPE), jenis limbah plastik yang banyak dihasilkan namun kurang dimanfaatkan karena dinilai kurang menarik dan memiliki harga jual yang rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LDPE sebagai pengganti agregat campuran AC-WC yang ditinjau dari karakteristik Marshall pada Kadar Aspal Optimum (KAO) yang kemudian dilakukan penggantian sebagian dari total agregat. Variasi kadar LDPE yang digunakan adalah 0%, 2%, 4%, 6% dan 8%. Setiap variasi dibuat sebanyak tiga buah sampel. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa dengan penggantian LDPE dalam range 0.1% - 4% cenderung meningkatkan Nilai Stabilitas, VIM, VMA dan Marshall Quotient (MQ), dan nilai Flow dan VFB cenderung menurun. Dengan sebuah perencanaan perkerasan jalan dengan lebar 7 m, tebal 6 cm dan panjang 1 km setelah melakukan substitusi terhadap berat total agregat campuran dapat menghemat biaya perencanaan sebesar Rp. 78.720.030 dan mengurangi jumlah plastik sebanyak 12.933,99 kg.

References

Dipohusodo, I., 2004, Manajemen Proyek dan Kontruksi – Jilid I. KANISIUS, Yogyakarta

Dirjen Bina Marga, (1999), PEDOMAN PERENCANAAN CAMPURAN BERASPAL DENGAN KEPADATAN MUTLAK. Jakarta: PT. Mediatama Septakarya.

Dirjen Bina Marga, (2010), Spesifikasi Umum 2010 (Revisi 3). Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

McCarthy, N., (2020), The Countries Polluting The Oceans The Most. [Online] Available at: https://www.statista.com/chart/12211/the-countries-polluting-the-oceans-the-most/

[Diakses 20 Juli 2020].

Soehartono, I., (2015), Teknologi Aspal dan Penggunaannya. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Steven, M., (2001), Kimia Polimer. Jakarta: Pradnya Paramita.

Tenriajeng, A. T., (1999), Rekayasa Jalan Raya - 2. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Published
2020-11-20
How to Cite
Embun Sari Ayu, & Yulcherlina. (2020). ANALISA BIAYA PERKERASAN ASPAL DENGAN SUBSTITUSI PLASTIK. JURNAL REKAYASA, 10(1), 17 - 31. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v10i1.49