ARAHAN PENGEMBANGAN WILAYAH BERBASIS PRODUK UNGGULAN

Studi Kasus : Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo

  • Wenny Widya Wahyudi Universitas Bung Hatta
  • Era Triana Universitas Bung Hatta
  • Harne Julianti Tou Universitas Bung Hatta
Keywords: Ekonomi Wilayah, Produk Unggulan, Kecamatan Muara Tabir

Abstract

Pembangunan wilayah melalui pendekatan sektoral lebih menekankan pada pemilihan sektor-sektor ekonomi wilayah yang dapat berperan sebagai penggerak ekonomi wilayah. Pembangunan tersebut harus didasarkan pada prinsip-prinsip, salah satu prinsipnya yaitu pengembangan ekonomi wilayah dilakukan atas dasar karakteristik daerah yang bersangkutan, baik aspek ekonomi, sosial, budaya dan politik. Produk Unggulan di Kecamatan Muara Tabir yang terdiri dari Industri Teh Gaharu  dan Industri Pupuk Organik. Dari semua kecamatan di Kabupaten Tebo Kecamatan Muara Tabir yang paling sedikit mempunyai produk unggulan wilayah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan dari produk unggulan tersebut serta mengetahui potensi dan masalah dari produk unggulan Kecamatan Muara Tabir kemudian merumuskan arahan pengembangan wilayah Kecamatan Muara Tabir. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder. Produk Unggulan Kecamatan Muara Tabir secara Keseluruhan memiliki potensi, namun juga masih terdapat beberapa masalah. Dari masalah tersebut maka arahan pegembangan yang harus dilakukan selanjutnya yaitu dengan meningkatkan kegiatan produksi pupuk organik dan kegiatan produksi teh gaharu.meningkatkan kualitas sumberdaya manusianya, melengkapi kelembagaan penunjang yang belum ada, pengembangan dan penguatan modal usaha dari pemerintah.

References

Andriani Y. 2012. Daya Tarik Wisata. Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan ITB. Jakarta.

Hadianto, A. 2002. Potensi Ekonomi Kabupaten Bogor Dalam Menunjang Pembangunan Wilayah. Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Hastanto, S.P., & Marif, S. 2013. Jurnal Strategi Pengembangan Wilayah Berdasarkan Tipologi Kecamatan di Kabupaten Pamelang. Jurnal Teknik PWK, Vol.2,No.3,2013,hal.597-608.

Haryanto, & Tukidi. Konsep Pengembangan Wilayah dan Penataan Ruang Indonesia di Era Otonomi Daerah. Jurnal Geografi, Vol 4, No 1, 2017, hal 1-10.

Muta’ali L. 2015. Teknik Analisis Regional “Untuk Perencanaan Wilayah, Atat Ruang dan Lingkungan”. Yogyakarta. Badan Penerbit fakultas Geografi UGM.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno S. 2010. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan. Kencana, Jakarta.

Tarigan R. 2012. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Edisi Revisi. Medan.Bumi Aksara.

Todaro MP, Stephan SC. 2006. Pembangunan Ekonomi. Jilid I. Edisi 09. Benardi J, Saat S, Hardani W, Editor. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.

Published
2020-11-25
How to Cite
Wenny Widya Wahyudi, Era Triana, & Harne Julianti Tou. (2020). ARAHAN PENGEMBANGAN WILAYAH BERBASIS PRODUK UNGGULAN . JURNAL REKAYASA, 10(1), 32 - 44. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v10i1.50