KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA JAM PUNCAK

(Simpang Empat Alai, Kota Padang)

  • Veronika Universitas Bung Hatta
  • Eko Prayitno Universitas Bung Hatta
Keywords: simpang, arus lalu lintas, kendaraan, geometrik, jam puncak

Abstract

Simpang empat alai adalah persimpangan bersinyal. Arus lalu lintasnya padat serta kurangnya faktor disiplin dari pemakai jalan, sehingga mengakibatkan adanya kemacetan. Tujuan ini mengetahui kelayakkan simpang empat alai, kota Padang dan mengetahui tingkat kinerja persimpangan berdasarkan volume arus lalu lintas pada jam puncak pagi, siang dan sore. Menurut peraturan pemerintah nomor 43 tahun 1993, persimpangan adalah pertemuan atau percabangan jalan, baik sebidang maupun tidak. Penelitian ini dilakukan pada jam sibuk pagi jam 07.00–09.00 wib, siang jam 11.30–13.30 wib, sore jam 16.00–18.00 wib. Kendaraan yang disurvei, kendaraan ringan (mobil penumpang, pick up dan angkutan kota), kendaraan sedang (truck dan bus kota), sepeda motor dan kendaraan tak bermotor. Data geometrik persimpangan, lebar ralan raya ampang 13,40 meter, jalan teuku umar 12,83 meter, jalan k.h ahmad dahlan 19,80 meter dan jalan gajah mada 12,20 meter. Kapasitas jalan tertinggi, jalan teuku umar 3432 skr/jam, derajat kejenuhan tertinggi, jalan gajah mada 0,73, panjang antrian terbesar, jalan gajah mada sepanjang 31 meter dan tundaan terbesar, jalan teuku umar 1253 det/skr. Distribusi arus lalu lintas pada jam puncak hari senin tanggal 10 februari 2020, jam 16.00 - 18.00 wib. Permasalahan yang muncul diakibatkan oleh durasi lampu hijau yang terlalu pendek.

References

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Direktorat Jendral Bina Marga: Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jendral Bina Marga: Jakarta.

Gustini, T. (2018). Tinjauan Manajemen Kebutuhan Transportasi Sebagai Upaya Menekan Kemacetan di Simpang Kuranji- By Pass di Kota Padang.

Hartom. (2005). Perencanaan Geometrik Jalan. Jakarta: Erlangga

Miro, F. (2012). Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga

Nasir, M. (2015). Analisa Kinerja Simpang Bersinyal, (Studi kasus pada Jalan Dr. Moh. Hatta (Unand) – Jalan By Pass (Teluk Bayur) – Jalan Dr. Moh Hatta (pasar Raya) – Jalan By Pass (Arah BIM) , Kota padang ).

Khisty, C. Jostin., & B. Kent Lall. (2005). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi. Edisi Ke-3, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Khisty, C. Jostin., & B. Kent Lall. (2006). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi. Edisi Ke-3 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Morlok, E. K. (1995). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Munawar, Ahmad. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Beta Offset: Yogyakarta.

Oglesby, C H. et al. (1993). Teknik Jalan Raya I. Erlangga: Jakarta.

Published
2020-12-19
How to Cite
Veronika, & Eko Prayitno. (2020). KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA JAM PUNCAK. JURNAL REKAYASA, 10(1), 72 - 83. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v10i1.54