Peramalan Daya Tampung Persimpangan Tidak Sebidang (Studi Kasus: Flyover Pramuka, Kota Bandar Lampung)

Keywords: volume capacity ratio, jalan layang, evaluasi jaringan jalan

Abstract

Kota Bandar Lampung sebagai ibukota Provinsi Lampung menyebabkan jumlah pergerakannya tinggi sehingga kemacetan lalu lintas tidak dapat dihindari pada beberapa ruas jalan di Kota Bandar Lampung. Menanggapi hal permasalahan tersebut, pemerintah Kota Bandar Lampung melakukan banyak pembangunan jalan layang (flyover) untuk sebagai upaya peningkatan kapasitas jalan untuk memenuhi kebutuhan yang tinggi dan diproyeksikan untuk terus meningkat. Flyover Pramuka yang termasuk kedalam wilayah Kecamatan Rajabasa merupakan salah satu dari tiga jalan layang yang dibangun pada tahun 2017-2018. Jalan Pramuka memiliki kegiatan yang cukup beragam yaitu pusat kegiatan perdagangan, pendidikan, dan kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh pembangunan jalan layang terhadap performa lalu lintas baik di wilayah internal maupun eksternalnya menggunakan proyeksi VCR pada jalan yang terdampak. Penelitian ini juga mempertimbangkan penggunaan lahan di sekitar Proyeksi dilakukan menggunakan data Matriks Asal dan Tujuan, proyeksi jumlah penduduk, proyeksi kepemilikan kendaraan, serta kapasitas jalan. Hasil analisis penelitian menjelaskan bahwa batas waktu pelayanan jalan pada jalan eksisting/ underpass dan flyover tetap dengan arus stabil dengan VCR < 0.85 adalah 15. Namun kondisi ruas flyover tetap jenuh sehingga pemerintah di tahun 2033, menjadikan batasan intensitas bangunan penting dilakukan.

References

Adisasmita, R. (2011). Manajemen Transportasi Darat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

BPS Kota Bandung, (https://bandungkota.bps.go.id). Diakses pada tanggal 06 Februari 2019

Directorate Jenderal Bina Marga dan Directorate of Urban Road Development. (1996). Buku Highway Capacity Manual Project (HCM). Jakarta Selatan: PT. Bina Karya Persero.

Jumlah Kendaraan di Indonesia, (https://paryadi.com/2018/01/16/jumlah-kendaraan-2018/). Diakses pada tanggal 06 Februari 2019.

Peraturan Menteri Perhubungan No. KM 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu-lintas di Jalan.

Peraturan Menteri Perhubungan No. Km. 49 Tahun 2005 Tentang Sistem Transportasi Nasional.

Salatoom, N, P, T. (2015). A Study of Flyover-Bridge-Improved Intersection. Prince of Songkla University, Engineering Journal Volume 19 Issue 1 Published 30 Januari 2015

Tamin, Ofyar Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (Edisi 2). Bandung: ITB.

Published
2021-07-28
How to Cite
Saraswati, Z. F., & Gunari, B. F. (2021). Peramalan Daya Tampung Persimpangan Tidak Sebidang (Studi Kasus: Flyover Pramuka, Kota Bandar Lampung). JURNAL REKAYASA, 11(1), 38-46. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v11i1.72