PENGAMANAN MUARA DAN PANTAI SALIDO KABUPATEN PESISIR SELATAN

  • Indra Farni Lecturer
Keywords: Pantai, Pengaman Pantai, Jetty, Groins

Abstract

Pantai Salido yang terletak ± 75 km sebelah selatan Kota Padang dengan panjang garis pantai sekitar 5 km, tepatnya di Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, pantai ini memiliki muara sungai yang selalu berpindah-pindah sepanjang pantai yang merupakan tempat bertemunya muara sungai Salido dengan pantai Salido. maka  diperlukan suatu upaya pengamanan pantai Salido dan muaranya dari bahaya erosi dan abrasi yang telah mengancam pemukiman perumahan penduduk di sepanjang muara dan pantai Salido, Pengumpulan data dilakukan untuk merencanakan bangunan pengaman pantai. Dari ananlisis data pasang surut akan didapat elevasi muka air laut   yang digunakan untuk menentukan elevasi mercu bangunan pengaman pantai. Dari pengolahan  data  angin  akan  diperoleh  peramalan gelombang berupa tinggi, periode, dan arah gelombang. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat dipilih bangunan pengaman pantai dengan mempertimbangkan beberapa aspek, yaitu   morfologi   pantai,   keuntungan  dan   kerugian   masing- masing bangunan pengaman pantai, serta  kondisi lingkungan yang ada pada daerah rencana. Berdasarkan hasil perhitungagan dan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, maka dipilih bangunan pengaman pantai dengan tipe groin dan jetty untuk pengaman muara.  Material yang digunakan adalah coble stone >800kg dan 500-800kg,  dengan panjang 70m untuk jetty dan 50m untuk groin sebanyak 32 buah.

References

CERC. 1984. Shore Protection Manual Book 1. Washington : US Army Coastal Engineering Research Center.

CERC. 1984. Shore Protection Manual Book 2. Washington : US Army Coastal Engineering Research Center.

Nebula Gheindo Consultant, PT, 2014, Laporan Ahir : DED Pengamanan Muara dan Pantai Salido, Padang.

Triatmodo, Bambang, 2012, Perencanaan Bangunan Pantai, Beta Offset, Yogyakarta.

Triatmodo, Bambang, 1999, Teknik Pantai, Beta Offset, Yogyakarta.

Wilson, E.M, 1993, Hidrologi Teknik, Penerbit ITB, Bandung.

Yuwono, N. 2005. Pedoman Teknis Perncanaan Tanggul atau Tembok Laut (Sea Dikes – Sea Wall). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Yuwono, N, 1992, Dasar-dasar Perencanaan Bangunan Pantai, Biro Penerbit Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Yuwono, N, 1992, DasarTeknik Sipil Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Yuwono, N, 1982, Teknik Pantai Volume I, Biro Penerbit Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Gajah mada, Yogyakarta.

Published
2020-12-30
How to Cite
Farni, I. (2020). PENGAMANAN MUARA DAN PANTAI SALIDO KABUPATEN PESISIR SELATAN. JURNAL REKAYASA, 10(2), 126 - 141. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v10i2.80