KAJIAN EVALUASI PENGGUNAAN PARKIR ONLINE DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nini Apriani Rumata Universitas Muhammadiyah Makassar
  • M. Nurhidayat M. Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fani Aulia Putri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurul Hudaya Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh. Berkah Ibnu Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Smart city merupakan visi pengembangan perkotaan yang mengintegrasikan teknologi, informasi dan komunikasi. Kota Makassar merupakan pintu gerbang dari Indonesia timur sehingga kota ini memiliki perkembangan yang sangat cepat. Hal ini kemudian mendorong kota makassar untuk terus berbenah pada berbagai sektor. Penerapan konsep smart city di makassar merupakan salah satu bentukan yang mencirikan kemajuan dari kota ini. Parkir Online yang berada di Jalan Somba Opu dan Jalan Penghibur, menjadi ciri dari konsep smart city yang diterapkan di kota makassar. Parkir online ini merupakan pelayanan berkualitas yang menggunakan teknologi. Namun, sistem dan kecanggihan teknologi yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan parkir dan kemacetan justru tidak dapat berjalan secara optimal dan cenderung berhenti operasionalnya. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap keberadaan parkir online, 2) Mengetahui faktor yang menjadi penyebab tidak optimal penggunaan parkir online. Hasil dari tingkat kepuasan pengguna parkir online adalah pengguna merasa puas dengan keberadaan parkir online. Namun, fakta lapangan menyatakan parkir ini telah berhenti operasionalnya maka faktor yang menjadi prioritas utama dalam pengembangannya adalah munculnya polusi akibat parkir ini dan faktor yang perlu dipertahankan kinerjanya adalah Aksesbilitas, Kenyamanan, Keteraturan dan Keselamatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kausal komparatif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis customer satisfiction indeks (CSI) untuk menganalisis kepuasan pengguna parkir online dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja dari parkir online

References

Conoras, M. E. B., & Hikmawati, N. K. (2018). Smart City Peluang Dan Tantangan Untuk Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Konferensi Nasional Sistem Informasi, 8–9.

Gunartin, G. (2018). Analisa Faktor-Faktor Kendala Ketercapaian Smart Mobility Dalam Upaya Menuju Konsep Smart City (Studi Pada Kota Tangerang Selatan). Inovasi, 5(2), 33. https://doi.org/10.32493/inovasi.v5i2.y2018.p33-41

Hayati, Rahadatul, and Eva Hany Fanida. "Strategi Pengembangan Pelayanan Parkir Melalui E-Parking Di Tepi Jalan Umum Oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya (Studi Kasus E-Parking Di Jalan Jimerto dan Jalan Sedap Malam Kota Surabaya)." Journal of Public Review 6 (2018)

Herdiana, D. (2019). Pengembangan Konsep Smart Village Bagi Desa-Desa di Indonesia (Developing the Smart Village Concept for Indonesian Villages). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(1), 1. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.1.2019.1-16

Insani, P. A. (2017). Mewujudkan Kota Responsif Melalui Smart City. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2 (1), 25–31. https://doi.org/10.26905/pjiap.v2i1.1423

Mebianto, Ricky. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Costumer Statisfaction Index (CSI)(Studi Kasus Pada Right Time Caffe Malang). Diss. Universitas Brawijaya, 2016.

Nurdiassa, Annisa, et al. "Implementasi Kebijakan Smart City dalam Mewujudkan Makassar Kota Dunia." Journal of Public Administration and Government 3.1 (2021): 37-46.

Nurhidayat, M., et al. Kinerja Angkutan Umum di Kota Palu. LOSARI: Jurnal Arsitektur Kota dan Pemukiman, 2023, 36-45

Pradita, Silvanda Dewi, and Is Hadri Utomo. "Efektivitas Sistem Parkir Elektronik (E-Parkir) Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Surakarta:(Studi Kasus Jalan Dr. Radjiman)." Journal of Governance and Policy Innovation 1.1 (2021): 33-46

Rumata, Nini Apriani. "Pola Pemanfaatan Lahan Di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar." LOSARI: Jurnal Arsitektur Kota dan Pemukiman (2020): 23-35.

Sholikhin, Riyadlus, and Sri Wiwoho Mudjanarko. "Analisis karakteristik parkir di satuan ruang parkir Pasar Larangan Sidoarjo." Teknika: Engineering and Sains Journal 1.2 (2017): 145-150.

suci Sukmawati, A., Rusmayadi, G., Amalia, M. M., Hikmah, H., Rumata, N. A., Abdullah, A., ... & Munizu, M. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Teori dan Penerapan Praktis Analisis Data berbasis Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Syukri, Siti Husna Ainu. Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis gap pada kualitas pelayanan Trans Jogja. 2014.

Utomo, Andy Prasetyo. "Analisa dan perancangan sistem informasi parkir di Universitas Muria Kudus." Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 3.1 (2013): 17-24

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rumata, N. A., M. Nurhidayat, M. N., Fani Aulia Putri, Nurul Hudaya, & Muh. Berkah Ibnu. (2023). KAJIAN EVALUASI PENGGUNAAN PARKIR ONLINE DI KOTA MAKASSAR. JURNAL REKAYASA, 13(2), 167–176. Retrieved from https://jurnalrekayasa.bunghatta.ac.id/index.php/JRFTSP/article/view/196