KAJIAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL TERHADAP HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus : Simpang Empat Tanah Jua, Kota Wisata Bukittinggi, Sumatera Barat)

  • Eko Prayitno Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta
  • Veronika Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta
Keywords: Simpang Bersinyal, Hambatan Samping, Arus Lalu Lintas

Abstract

Kota Bukittinggi sebagai kota wisata yang dinamis telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Persimpangan tanah jua, kota wisata bukittinggi adalah persimpangan bersinyal, arus lalu lintasnya sangat padat, serta kurangnya faktor disiplin dari pemakai jalan dan ditambah dengan aktifitas hambatan samping pada persimpangan yang mengakibatkan berkurangnya lebar efektif jalan dan berpengaruh pada kondisi lalu lintas pada jam-jam tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepadatan dan kelayakan persimpangan, mengetahui nilai kapasitas dan derajat kejenuhan, angka henti, tundaan lalu lintas, tundaan geometrik dan tundaan total dengan menggunakan metode program komputer yaitu kajian persimpangan bersinyal akibat adanya pengaruh bak sampah terhadap arus lalu lintas dipersimpangan dari Dr-Ing. Ahmad Munawar, M.Sc sebagai panduan manual kapasitas jalan indonesia. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam mengkaji persimpangan tanah jua, dibutuhkan survai lapangan sehingga akan diperoleh data-data yang akurat sesuai dengan kondisi persimpangan. Hasil analisis persimpangan tanah jua, kota wisata bukittinggi adalah nilai kapasitas 148 smp/jam, derajat kejenuhan 1,065 smp/jam yang melewati batas yang diizinkan yaitu 0,8-0,9, angka henti 5,245 stop/jam, tundaan geometrik 7,9 detik/smp, tundaan total 713,6 detik/smp, panjang antrian 615 m. Jadi persimpangan ini jenuh dengan panjang antrian besar.

References

Anisa, 2009, Analisis Tingkat Kinerja Persimpangan Bersinyal Jalan Khatib Sulaiman-Jalan Rasuna Said-Jalan Raden Saleh-Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Padang, Universitas Bung Hatta.
Budiarto ahmad, mahmudah amirotul, 2007 rekayasa lalu lintas, Surakarta, kerja sama Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press) Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Departemen Pekerjaan Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, (MKJI 1997), Jakarta.
Khisty Jotin C. dan Lall Kent B, (2003) Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, Ciracas, Jakarta, Erlangga.
Munawar ahmad, 2004, Program komputer untuk analisis lalu lintas, Yogyakarta, beta offset.
Silvia, Sukirman Nova, 1994, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung.
Published
2019-11-24
How to Cite
Eko Prayitno, & Veronika. (2019). KAJIAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL TERHADAP HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus : Simpang Empat Tanah Jua, Kota Wisata Bukittinggi, Sumatera Barat). JURNAL REKAYASA, 8(2), 123-137. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v8i2.27