PENGENDALIAN BIAYA PROYEK DENGAN METODA ANALISA VARIAN

(Proyek Pembangunan Gedung Balai Nikah Manasik haji Kabupaten Padang Pariaman, Kecamatan Nan Sabaris)

  • Embun Sari Ayu Universitas Bung Hatta
  • Indra Khaidir Universitas Bung Hatta
Keywords: Pengendalian proyek, biaya proyek, analisa varian

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut perkembangan konstruksi yang semakin modern dengan adanya perkembangan gedung-gedung tinggi yang semakin meningkat dan bervariasi. Manajemen yang baik dibutuhkan dalam suatu perencanaan terlebih pada perencanaan gedung bertingkat tinggi, hal ini di sebabkan besarnya biaya yang dibutuhkan dalam perencanaan tersebut. Masalah-masalah yang terjadi dalam pelaksanaan pekerjaan proyek dapat mengakibatkan proses berjalannya menjadi terlambat dari waktu yang di telah di tentukan, baik secara biaya maupun secara mutu. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada biaya yang telah direncanakan adalah adanya kenaikan harga pasar diakibatkan karena harga satuan yang direncanakan dapat berubah per triwulan, sebagai analogi sederhana konsultan perencana menghitung biaya suatu gedung pada triwulan pertama, sedangkan pekerjaan di laksanakan padan triwulan ke tiga, tentu harga bahan material pada triwulan pertama sangat jauh berbeda dengan harga bahan material pada triwulan ketiga, hal inilah yang sering terjadi pada proses pelaksanaan suatu proyek konstruksi. Penerapan metoda analisa varian biaya dapat diaplikasikan untuk dapat membedakan selisih keuntungan dengan mengacu pada analisa triwulan satu dan triwulan tiga. Sehingga dapat mengantisipasi kerugian yang akan terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat perbedaan total biaya perencanaan pembelian material serta harga upah pekerja terhadap variasi harga yang terjadi dalam suatu pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Analisa dapat dihitung berdasarkan data-data yang dapat di ambil dari laporan pekerjaan pada rentang waktu tertentu kemudian dibandingkan dengan anggaran material dan bahan yang telah ditentukan.

Kata kunci : Pengendalian proyek, biaya proyek, analisa varian

ABSTRACT

The development of the increasingly advanced era demands the development of increasingly modern construction with the development of tall buildings that are increasing and varying. Good management is needed in planning, especially in high-rise building planning, this is due to the large costs required in the planning. Problems that occur in the implementation of project work can result in the running process being late from the predetermined time, both in cost and in quality. One of the problems that often occurs with planned costs is that there is an increase in market prices because the planned unit price can change per quarter, as a simple analogy for planning consultants to calculate the cost of a building in the first quarter, while the work is carried out in the third quarter, of course. The price of materials in the first quarter is very much different from the price of materials in the third quarter, this is what often happens in the process of implementing a construction project. The application of the cost variant analysis method can be applied to differentiate the profit difference by referring to the first quarter and third quarter analysis. So that it can anticipate losses that will occur. The purpose of this study was to determine the level of difference in the total cost of planning the purchase of materials and the price of workers' wages against price variations that occur in a construction work implementation. The analysis can be calculated based on data that can be taken from the work report at a certain time and then compared with the material and material budget that has been determined..

Keywords : Analysis of variants, Project control, project costs

References

Nienwahuis O. E. (1989). Manajemen Konstruksi untuk Para Kontraktor, bagian I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Soeharto, Iman. (1995). Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dipohusodo, Istimawan. (1996). Manajemen Proyek dan Konstruksi, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Asiyanto. (2005). Manajemen Produksi untuk Jasa Konstruksi, Penerbit Pradnya Paramita, Jakarta.

Tarore, Huibert. (2001). Analisa Sistem Rekayasa Kontruksi, Penerbit Universitas Sam Ratulangi (USR-PRESS), Manado.

Tarore, Huibert, Mandagi Robert J. M. (2006). Sistem Manajemen Proyek dan Konstruksi (SIMPROKON), Penerbit JTS Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulagi Manado.

Suadi, Arif. (1999). Sistem Pengendalian, Penerbit BPFF, Yogyakarta.

Sutojo, Siswanto. (2002). Studi Kelayakan Proyek Konsep Teknik dan Kasus, Dammar Mulia Pustaka, Jakarta

Armanto Witjaksono. (2006). Akuntansi Biaya, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

SNI-DT-91-008-2007. (2007). Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Published
2022-06-30
How to Cite
Ayu, E. S., & Indra Khaidir. (2022). PENGENDALIAN BIAYA PROYEK DENGAN METODA ANALISA VARIAN . JURNAL REKAYASA, 12(1), 1 - 10. https://doi.org/10.37037/jrftsp.v12i1.84