IDENTIFIKASI PENYIMPANGAN PENGGUNAAN LAHAN DAN POLA RUANG (Studi Kasus Kecamatan Koto Tangah)

  • Nori Yusri Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Bunghatta
Keywords: enggunaan lahan, pola ruang, peta citra, perubahan penggunaan lahan

Abstract

Mengidentifikasi perubahan penggunaan lahan dan pola ruang di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Dipilihnya Kecamatan Koto Tangah sebagai studi kasus karena merupakan kecamatan yang letak nya sangat strategis yaitu berbatasan langsung dengan Kabupaten Padang Pariaman serta sebagai pintu gerbang Kota Padang dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang perkembangan pembangunannya sangat pesat. Keterbatasan lahan dan pertumbuhan yang cukup cepat telah memacu perubahan penggunaan lahan yang tidak jarang terjadi ketidaksesuaian/inkonsistensi terhadap Rencana Pola Ruang dalam RTRW. Metode yang digunakan pengumpulan data/survey dalam proses penelitian ini meliputi pengumpulan data, baik bersifat kualitatif maupun kuantitatif terhadap aspek-aspek yang berhubungan dengan penyimpangan penggunaan lahan dan pola ruang. Data-data tersebut diperoleh melalui data sekunder (instansional), data primer (wawancara dan kuesioner) serta melalui pengamatan langsung di lapangan. Menganalisis potensi dan masalah yang ada di Kecamatan Koto Tangah yang ada berdasarkan hasil survei lapangan baik wawancara maupun pengamatan, analisis penggunaan lahan di Kecamatan Koto Tangah menggunakan software Arcgis dengan cara meng-overlay peta citra satelit pada tahun 2006, 2011, dan 2016 kemudian dicocokkan dengan peta citra Google Earth untuk validasinya.
Analisis faktor penyebab ketidak sesuaian penggunaan lahan yaitu adanya perubahan yang terjadi  didaerah penelitian umumnya perubahan terbesar terjadi dari lahan sawah ke pemukiman. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan yaitu faktor alamiah dan faktor sosial.

References

Kota Padang Dalam Angka. 2015. Badan Pusat Statistik. Kota Padang.
Kecamatan Koto Tangah dalam angka. 2015. Badan Pusat Statistik. Kota Padang.
Peraturan Walikota No. 4 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang tahun 20102030.
Bintarto.(1977. Pola Kota dan Permasalahan Komprehensif: Pengantar dan Penjelasan. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.
Bintarto. 1977. Pengantar Geografi Kota. U.P.Spring: Yogyakarta.
Bintarto.1989. Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya. Ghalia Indonesia. Jakarta.
FAO,(1976). Aframeworkfor land evaluation FAO Soil Bull. No.32,
Rome, 72 pp; and ILRI Publication No. 22, Waginengen, 87 pp.
Malingreau,J.P., 1978, Penggunaan Lahan Pedesaan Penafsiran Citra Untuk Inventarisasi dan
Analisisnya, PUSPICS-Fakultas Geografi UGM : Yogyakarta Tim Fakultas Geografi, 2004, Pedoman Penulisan Usulan Penelitian dan Tesis, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Su Ritihardoyo. 2002. Penggunaan dan Tata Guna Lahan. Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Tarigan, J.R., 1985. Pengantar Statistik dan Tehnik Presentasi, IIP, Jakarta. www.semarang.go.id
Published
2019-11-24
How to Cite
Nori Yusri. (2019). IDENTIFIKASI PENYIMPANGAN PENGGUNAAN LAHAN DAN POLA RUANG (Studi Kasus Kecamatan Koto Tangah) . JURNAL REKAYASA, 7(2), 134-147. Retrieved from http://jurnalrekayasa.bunghatta.ac.id/index.php/JRFTSP/article/view/15